6 Pantai-Pantai Unik di Dunia

Berikut ini 6 Pantai-Pantai Unik di Dunia

Pantai Kaca, California
 


Dari
sampah menjadi harta karun, itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan Pantai Kaca Fort Bragg di California, yang pasirnya dihiasi bebatuan kaca alami berwarna cantik. Fenomena pasir batu kaca ini merupakan hasil dari proses yang terjadi selama ratusan tahun.

Dulunya, Pantai Fort Bragg adalah tempat pembuangan berbagai sampah oleh masyarakat sekitar. Segala macam perabotan rumah tangga, barang-barang bekas, tanpa ampun dibuang begitu saja ke sini. Hingga pada 1967, Pemerintah California melakukan surat perintah pelarangan membuang sampah apapun di pantai ini.


Namun, Pantai Fort Bragg terlanjur tercemar keindahannya. Namun, alam ternyata berkata lain, banyak perabotan kaca seperti botol-botol kaca diubah oleh ombak
laut dan proses menjadikannya bebatuan-bebatuan kaca berwarna cantik dan dapat dilihat hingga kini.

Sejak saat itu, terbentuklah pantai kaca yang hingga kini masih dapat di lihat di Fort Bragg, California. Bebatuan ini terlihat sangat indah terutama di siang hari, ketika matahari terik menyinari pantai dan batu-batu tersebut memancarkan kilau pantul cahaya matahari.


Pantai Bowling, California



Di tepi Pantai California, ada sebuah kota bernama Mendocino. Di kota ini, terdapat sebuah pantai yang sangat tidak biasa dan dikenal sebagai Pantai Bowling. Mengapa disebut Pantai Bowling, karena ribuan batu mengumpul di pantai tersebut menantang ombak yang datang dan berbentuk bulat seperti bola bowling.


Anehnya, batu-batu berdiameter satu hingga dua meter ini tersusun rapi seperti ada yang mengatur, padahal murni fenomena alam. Secara geologis, proses batu-batu pantai ini disebut teknis konkret yang terbuat dari batu lumpur dari masa lampau, yaitu masa Kenozoikum. Selama jutaan tahun, ombak Samudra Pasifik yang menghempas pantai ini membentuknya hingga seperti sekarang.


Pulau Harbour, Bahama



Pantai di pulau ini sangat unik karena warnanya. Pasir pantai ini berwarna merah muda, akibat adanya koral yang bercampur di air laut pulau ini. Pantai berpasir merah
mudah ini memanjang di pesisir timur Pulau Harbour, berpadu dengan indah bersama laut Bahama yang biru jernih.

Papakolea, Hawaii

 

Pantai Papakolea dikenal karena pasir berwarna hijau zaitunnya yang unik, terbentuk dari batu kristal olivin. Olivin adalah batu semimulia, yang berasal dari material vulkanik dari daerah pesisir kerucut yang mengelilingi pantai ini. Laut mengikis kristal-kristal tersebut dan meremukkannya menjadi pasir-pasir halus.

Namun untuk menikmati keindahan pantai ini tidak mudah karena terletak di daerah terpencil yang tidak dapat dijangkau kendaraan bermotor, hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Jalan menuju pantai cukup panjang dan panas, karena itu sebaiknya wisatawan mengenakan kaus tipis, celana pendek, dan topi untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari.


Seperti pantai-pantai sebelumnya, gelombang di pantai Papakolea ini cukup besar dan berbahaya untuk berenang dan berselancar. Namun hanya dengan berada di pantai ini saja Anda pasti sudah dapat merasa puas, terutama saat matahari terbenam ketika pasir-pasir kristal yang berwarna hijau memancarkan sinar matahari.


Giant Causeway, Irlandia

 Pantai ini adalah sebuah area dari sekira 40 ribu bebatuan kolom basal yang dibentuk dari letusan volkanik. Pantai ini telah menjadi Situs Warisan Budaya UNESCO sejak 1986, dan masuk dalam bagian cagar alam nasional Irlandia pada 1987.

Kolom-kolom batu di pantai ini membentuk batu loncatan yang mengarah dari kaki tebing dan menghilang di bawah laut. Kolom-kolom batu ini berbentuk heksagonal, meskipun ada juga beberapa yang berbentuk segi empat, lima, dan delapan. kolom batu tertinggi di sini memiliki tinggi 12 meter. Giant Causeway ini merupakan obyek wisata paling populer di Irlandia Utara.


Pantai Viki, Islandia


Pantai ini terletak di titik paling selatan Islandia, dan juga merupakan pantai dengan curah hujan paling tinggi di negara ini. Pantai ini juga memiliki figur-figur batu basalt yang aneh, yang dipercaya masyarakat lokal sebagai raksasa yang berubah sebagai patung.

Share on :

Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang 6 Pantai-Pantai Unik di Dunia anda bisa menemukan artikel 6 Pantai-Pantai Unik di Dunia ini dengan url http://6-info.blogspot.com/2012/06/6-pantai-pantai-unik-di-dunia.html, semoga artikel 6 Pantai-Pantai Unik di Dunia ini bisa bermanfaat untuk anda!!!
Posted by

Belum ada komentar untuk "6 Pantai-Pantai Unik di Dunia"

Tambahkan komentar anda :